Suku di Indonesia ini cuma kenal dua warna

Hidup jauh dari akses informasi publik, Suku Dani di Papua mengalami banyak hal yang berbeda dari orang-orang. Salah satunya dalam mengenal warna. Mereka hanya mengenal dua warna yaitu hitam dan putih atau gelap dan cerah. Sebutan untuk warna cerah adalah Molla sedangkan untuk warna gelap adalah Molli. Perlu diketahui, mereka sebenarnya tidak buta warna. Namun pengenalan dan konsep terhadap warna terbatas.

Salah satu linguis, mencoba menguji pemahaman mereka terhadap warna kuning. Hasilnya, mereka mengelompokan warna kuning sebagai warna cerah atau yang mereka sebut dengan Molla. Kendati begitu untuk mengelompokan waran kuning ini sebagai Molla mereka juga memerlukan waktu yang sangat lama.



Fenomena warna di Madura

Pemahaman terhadap warna yang unik juga terjadi di Madura. Orang-orang madura tidak mengenal warna hijau. mereka menyebut hijau dengan biru daun. Sedangkan biru disebut sama dengan yang lainnya.

Apa yang menyebabkan konsep warna berbeda ?

Warna bukanlah konsep universal, sebab warna bisa diciptakan suatu kelompok masyarakat tergantung dari lingkungan dan budaya yang hidup di dalamnya. Namun warna bisa bersifat universal ketika dikaitkan dengan warna terang dan gelap serta pemberian warna terhadap lingkungannya seperti langit, tanah, daun dan sebagainya.


Comments