Manusia pertama
kali berhasil terbang dengan menggunakan balon udara pada tahun 1782, balon tersebut diterbangkan oleh Joseph
Montgolfier dan Etiene Montgolfier. Mula-mula mereka berhasil menerbangkan kertas yang tebal
ataupun kain dengan cara memanaskan udara.
Montgolfier bersaudara |
Baru pada 4 Juni 1783, mereka mulai mendemonstrasikan
penemuan mereka ke publik. Montgolfier bersaudara membuat alat dengan
menggunakan jerami dan bulu domba yang di bawahnya dibuat lubang kemudian
dipanaskan. Alat tersebut bisa membumbung di udara setinggi 1000 m, dapat
bertahan selama 10 menit dan mendarat sejauh 24 km dari tempat semula.
Kedua
saudara ini juga mengadakan penerbangan manusia pertama pada 21 November 1783.
penerbangan manusia pertama ini dilakukan oleh bangsawan Inggris Jean Francois
Pilatre de Rozier dan Francois Laurent d’Arlandes berhasil terbang selama
sekitar 25 menit dan menempuh jarak 9 km. keberhasilan ini membuat Prancis
menjadi negara pertama yang menerbangkan balon udara.
Percobaan terbang balon udara |
Struktur Balon Udara
Dari dulu hingga sekarang tidak ada
perubahan besar pada struktur balon udara. Struktur yang tidak berubah sampai
sekarang ini, walau ilmu pengetahuan sudah berkembang, adalah kantong udara
(envelope), pengatur tekanan (burner), kabin penumpang (basket). Struktur
tersebut adalah alat yang paling menunjang
keselamatan.
Umumnya kantong balon udara ini
diproduksi sesuai standar tapi bentuknya dapat dibuat sesuai selera. Kantong
balon udara ini menggunakan ribstop nilon tetapi untuk coat-nya menggunakan
polytherene dan silikon sehingga dapat
bertahan hingga suhu 250 C. daya tahan setiap produk kantong balon udara satu
sama lain berbeda tapi biasanya bisa bertahan hingga 400 jam
2. Pengatur tekanan udara (burner)
Pengatur tekanan
udara ini berfungsi sebagai penghasil suhu tinggi yang berasal dari pembakaran
LPG yang menghasilkan tekanan tinggi. Biasanya semakin besar kantong udara maka
semakin banyak pengatur tekanan udara yang harus digunakan. Pengatur tekanan
udara dibagi menjadi tiga bagian yaitu single (1), double (2), triple (3), quad
(4).
3. Kabin penumpang
(basket)
Kabin penumpang ini biasanya terbuat dari rotan, tetapi tiap produksi mungkin saja strukturnya sedikit berbeda. Standar strukturnya setiap 4 tempat duduk di dalamnya memuat 1 t tingginya harus 1 m agar saat jatuh kabin penumpang tidak rusak.
Kabin penumpang ini biasanya terbuat dari rotan, tetapi tiap produksi mungkin saja strukturnya sedikit berbeda. Standar strukturnya setiap 4 tempat duduk di dalamnya memuat 1 t tingginya harus 1 m agar saat jatuh kabin penumpang tidak rusak.
Bagian-bagian balon udara |
Sumber: Terbang melintasi selat Korea
Penulis Shin Jae Hwan / editor Hu Min Sik
Comments
Post a Comment