Siapa yang pertama kali menerbangkan balon udara?



Manusia pertama kali berhasil terbang dengan menggunakan balon udara pada tahun 1782, balon tersebut diterbangkan oleh Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier. Mula-mula mereka berhasil menerbangkan kertas yang tebal ataupun kain dengan cara memanaskan udara. 
Montgolfier bersaudara

Baru pada 4 Juni 1783, mereka mulai mendemonstrasikan penemuan mereka ke publik. Montgolfier bersaudara membuat alat dengan menggunakan jerami dan bulu domba yang di bawahnya dibuat lubang kemudian dipanaskan. Alat tersebut bisa membumbung di udara setinggi 1000 m, dapat bertahan selama 10 menit dan mendarat sejauh 24 km dari tempat semula. 

Kedua saudara ini juga mengadakan penerbangan manusia pertama pada 21 November 1783. penerbangan manusia pertama ini dilakukan oleh bangsawan Inggris Jean Francois Pilatre de Rozier dan Francois Laurent d’Arlandes berhasil terbang selama sekitar 25 menit dan menempuh jarak 9 km. keberhasilan ini membuat Prancis menjadi negara pertama yang menerbangkan balon udara.  
Percobaan terbang balon udara



Struktur Balon Udara
           
Dari dulu hingga sekarang tidak ada perubahan besar pada struktur balon udara. Struktur yang tidak berubah sampai sekarang ini, walau ilmu pengetahuan sudah berkembang, adalah kantong udara (envelope), pengatur tekanan (burner), kabin penumpang (basket). Struktur tersebut adalah alat yang paling menunjang  keselamatan.

1. Kantong balon udara (envelope)
 Umumnya kantong balon udara ini diproduksi sesuai standar tapi bentuknya dapat dibuat sesuai selera. Kantong balon udara ini menggunakan ribstop nilon tetapi untuk coat-nya menggunakan polytherene dan  silikon sehingga dapat bertahan hingga suhu 250 C. daya tahan setiap produk kantong balon udara satu sama lain berbeda tapi biasanya bisa bertahan hingga 400 jam

2.  Pengatur tekanan udara (burner)
Pengatur tekanan udara ini berfungsi sebagai penghasil suhu tinggi yang berasal dari pembakaran LPG yang menghasilkan tekanan tinggi. Biasanya semakin besar kantong udara maka semakin banyak pengatur tekanan udara yang harus digunakan. Pengatur tekanan udara dibagi menjadi tiga bagian yaitu single (1), double (2), triple (3), quad (4).

3. Kabin penumpang (basket)
Kabin penumpang ini biasanya terbuat dari rotan, tetapi tiap produksi mungkin saja strukturnya sedikit berbeda. Standar strukturnya setiap 4 tempat duduk di dalamnya memuat 1 t tingginya harus 1 m agar saat jatuh kabin penumpang tidak rusak.
Bagian-bagian balon udara

Sumber:  Terbang melintasi selat Korea

Penulis Shin Jae Hwan / editor Hu Min Sik



 

Comments