Ini Rahasia Mengejutkan tentang Kulit Badak dan Pantat Monyet

Primata atau monyet

Monyet termasuk ke dalam golongan mamalia atau biasanya dipanggil dengan primata. Monyet dalam bahasa inggris berarti monkey yang merujuk pada monyet yang mempunyai ekor panjang (banyak monyet yang tidak mempunyai ekor panjang seperti monyet jepang). Sedangkan monyet yang tidak berekor disebut dengan ape. Bobot tubuh anak monyet betina sekitar 80 kg tetapi ada juga bobot tubuh yang mencapai 200 kg seperti gorilla, jenis-jenis monyet juga beraneka ragam di dunia diperkirakan ada 200 jenis monyet. Jenis-jenis itu dibagi ke dalam golongan gorilla, orang utan, gibbon, kera (ape). Kera dan monyet berbeda kera tidak mempunyai ekor ataupun kantung pipi. Sebagian besar monyet sejak lahir bokongnya polos dan bokongnya keras. Hal itu agar ketika duduk lama di pohon bokongnya tidak sakit. Sedangkan kera tidak mempunyai pantat yang keras. monyet pantat merah itu karena pembuluh darah monyet dekat dengan kulit pantat monyet yang tidak ada bulunya jadi warnanya seperti darah.


Warna bokong monyet yang sudah dewasa lebih terang dibandingkan dengan monyet yang masih anak-anak lagipula jika monyet itu sehat maka warna bokongnya juga semakin merah. Sedangkan gorilla atau orang utan yang tinggal dibagian selatan mempunyai bokong yang berwarna cokleat tua

Badak

Badak adalah hewan besar setalah badak yang memakan rumput. Badak India dan badak jawa culanya satu sedangkan badak putih, badak hitam dan badak sumatera culanya ada dua.
cula badak sama seperti tanduk rusa tetapi sebenarnya kalau diperhatikan cula itu terbentuk dari kulit yang mengeras. Sama seperti kuku manusia yang mengandung keratin cula ini juga terus tumbuh, yang paling panjang bisa mencapai 1,2 m



Badak, gajah, kuda nil tergolong kedalam kelas pachydermata karena kulitnya yang keras. Kemudian walaupun berkulit keras tetapi jika dipegang seperti ban mobil yang bersifat elastis. Mereka menjaga temperatur badan mereka dengan melumuri diri mereka dengan lumpur atau tanah serta mandi.  Di saat malam dan pagi hari mereka memakan alang-alang atau rumput. Mereka juga beristirahat di tengah hari yang panas dengan tidur dalam hutan atau berendam (contoh kuda nil)

kulit yang berubah menjadi cula
Selain badak jawa semua badak jantan maupun betina mempunyai cula. Tapi ada juga badak sumbu yang bercula satu dan bercula dua. Berbeda dengan hewan lain, cula badak bukan merupakan tulang dalam tetapi terbentuk dari kulit. Kulit terluar yang menjadi keras ini berasal dari albumin yang terbentuk dari keratin. Sehingga cula badak ini bisa dilihat juga sebagai benjolan.

Sumber
penulis : comicom
gambar : nemo, kim chang hoo

Baca Juga: Mengenal Lebih dalam Gajah Asia & Bunga Rafflesia
Di hutan apa sebenarnya Tarzan tinggal?

Comments