Suhu dan Udara Ini Melingkupi Inggris Sepanjang Tahun

Inggris termasuk negara yang memiliki kondisi alam yang beragam jika dibandingkan dengan luas tanahnya. Jika dilihat secara keseluruhan terlihat datar, tapi terdapat gunung-gunung yang tingginya lebih dari 1000 m di wilayah Skotlandia dan Wales. Di wilayah Inggris terdapat dataran dan padang gurun yang sangat luas. Khususnya di wilayah bagian barat daya terdapat pantai yang indah yang sangat disukai oleh para turis.

Britania Raya
Dibanding wilayah lainnya di Inggris, di Britania Raya kita dapat banyak melihat hutan yang indah dan padang gurun yang luas dengan geografi yang datar dan cuaca yang hangat. Di pusat terdapat kota-kota besar, seperti Cambridge yang berada di pusat London, Liverpool, dan lain-lain. Di wilayah utara terdapat pemandangan alam dari danau yang indah, di wilayah selatan juga terdapat kastil yang sangat bersejarah dan pantai yang sangat indah. Iklim dari wilayah timur sampai barat sangat rendah, saat musim panas saja suhunya tidak sampai melebihi 32oC dan saat musim dingin termasuk ringan karena tidak sampai dibawah 0oC. Dalam satu tahun biasanya terdapat sekitar 150 hari  hujan akan turun.

Wales.
Dibanding dengan wilayah lainnya, Wales merupakan wilayah yang sempit dan juga terdapat beberapa gunung yang tinggi. Seluruh wilayahnya berada di kaki pegunungan dengan ketinggian sekitar 200 m dan terdapat pemandangan alam yang indah, seperti hutan yang lebat dan lembah yang tinggi. Iklim Wales lebih hangat dibandingkan dengan Inggris, tapi sedikit berbeda di wilayah bagian utara dan selatan. Iklim di wilayah selatan termasuk ringan, tapi gunung di wilayah utara sering mengalami perubahan cuaca yang buruk sehingga cuacanya menjadi sangat dingin.

Skotlandia
Skotlandia terbagi menjadi bagian selatan dan bagian utara. Wilayah bagian selatan merupakan wilayah dataran rendah (low land) yang dihubungkan oleh bukit rendah di tengah-tengah Edinburgh yang merupakan ibu kotanya. Wilayah bagian utara merupakan wilayah dataran tinggi (High Land) yang terdapat banyak gunung curam dan juga danau Loch Ness yang menurut legenda terdapat monster yang hidup di dalamnya. Wilayah utara memiliki kekhasan dengan adanya gunung yang bercelah, lembah yang berbentuk U, dan tebing di pinggir pantai. Iklim di wilayah utara sedikit dingin dibandingkan dengan wilayah lainnya, tapi termasuk wilayah yang hangat seperti wilayah utara di Inggris.




 Irlandia Utara.
Irlandia Utara yang langsung berhadapan dengan Pulau Britain merupakan tempat dimana selat kecil dan danau-danau indah saling berjajar mengikuti garis pantai yang terbentuk oleh batuan. Di timur laut terdapat danau Lough Neagh yang merupakan danau terbesar di Inggris dan Giants Causeway yang terbuat dari pilar basalt. Sebagian besar beriklim ringan dan termasuk lembab.




Fenomena Smog di London yang mengubah udara menjadi berkabut. Smog merupakan gabungan kata dari Smoke(asap) dan Fog(kabut) dan disebut sebagai fenomena Smog karena saat itu terjadi fenomena udara di langit yang berkabut dipenuhi oleh kabut yang berisi debu dan polusi. Oleh karena Inggris merupakan kota yang mencanangkan revolusi industri yang pertama di dunia sehingga polusi udara yang melebihi negara lain muncul dan akhirnya disebut sebagai fenomena Smog. 

Dengan munculnya fenomena ini, berbagai penyakit, seperti asma, penyakit paru-paru, dan penyakit kulit bermunculan, tanaman menjadi mati, dan banyak bangunan yang rusak. Pada tahun 1952, sekitar 12.000 orang meninggal akibat peristiwa Smog ini. Inggris yang mempertimbangkan peristiwa ini akhirnya mendirikan sebuah dewan untuk meneliti kondisi sebenarnya dari polusi udara dan mulai memberitahukan bahaya dari fenomena Smog ke seluruh dunia. Berdasarkan pengalaman yang tragis itu, London merupakan salah satu kota yang menjadi pelopor yang paling aktif dalam pencegahan polusi udara di masa sekarang ini.

Baca Juga :
Jalan-Jalan Keliling London, Inggris 
 


Sumber: Dooly si Dinosaurus Kecil.
Eksplorasi Perjalanan Besar-Besaran.
Seri Kartun Pelajaran Dooly dari WoongJin ThinkBig Co., Ltd.
 

Comments