Ambisi terus hidup abadi dengan rekayasa hormon


Seiring bertambahnya usia, sel-sel di dalam tubuh juga ikut menua. Selama beberapa tahun penuaan bisa ditangkal dengan aktifnya sel memperbaharui diri dengan bantuan kromosom Telomer. Dalam kromosom ini terdapat enzim Telomerase yang mampu mencegah penuaan, namun jika semakin banyak enzim ini digunakan maka kromosom Telomer semakin memendek yang menyebabkan tidak lagi optimal menghidupkan sel-sel yang telah mati.

Banyak cara dilakukan agar dapat menjaga keremajaan, caranya dengan menambah super hormon. Super hormon dirancang  untuk menghalangi kromosom Telomer memendek sehingga keremajaan dapat dipertahankan dan mencegah penuaan, meningkatkan ingatan dan daya tahan tubuh.  Namun super hormon ini masih terbatas pada ide para peneliti. Belum jelas apakah mereka berhasil membuat super hormon untuk manusia. Sebab bagaimanapun juga hidup sehat dan teratur jauh lebih penting daripada mengandalkan super hormon ini. 



Rekayasa kromosom Telomer pernah dilakukan pada domba kloning Dolly. Para ilmuwan menggunakan sel-sel domba dewasa atau kromosom Telomer matang kepada domba Dolly akibatnya umur domba Dolly pendek karena Telomer tidak mampu lagi memperbaharui sel.

Sumber : Park Ji Hyeong dan Jo Yeong seon
Future Science 



Comments