Perjalanan Belitung 2 – Seribu Warna Pelangi


Kami bangun pagi-pagi untuk lanjut wisata di bumi laskar pelangi. Hari ini jadwalnya full nge-pantai. Beberapa pulau akan kita kunjungi dan semuanya indah-indah dengan pasir putih dan air jernihnya bikin mata berkilau karena terpukau.


Temen-temen gue udah siap-siap pake sun block sebanyak-banyaknya klo gw sekedarnya aja. Gue pikir sekali-sekali kulit gue menyerap nikmat matahari pantai sebanyak-banyaknya hahaha meski abis dari situ kulit item hahha…. Maklum gue tipe orang yang ga suka hal-hal yang ribet.

Pantai Tanjung Tinggi

Pertama kita singgah sebentar di pantai, di pantai ini kita nunggu seorang yang nyusul dari Jakarta. Jadi sembari nunggu kita foto-foto meski panas tapi gak apalah masih pagi. Laut di Belitung kebanyakan tenang banget dan hampir enggak ada angin. Setenang kota ini kalau udah jam 8 mlm aja udah sepi dan sepanjang jalan enggak terlalu rame karena jarak antar rumah jauh-jauh dan masih jarang yang rumah yang bertembok. Biasa, ketidakmerataan pembangunan. Masih aja ya zaman begini.

Pantai Tanjung Tinggi

Gue sempet tanya soal kinerja Ahok di Belitung Timur kebanyakan dari orang Belitung bilang bahwa Ahok sama adiknya biasa aja kinerjanya, enggak ada marah-marah gitu, tapi relatif aman lah. Tapi mereka bingung kenapa Ahok di Jakarta terkenal banget ya hahahha…mereka justru amat berterima kasih dengan Andrea Hirata. Sebelumnya gue udah bilang ini orang bener-bener ngubah tatanan sosial dan rasa kebanggaan orang-orang Belitung melalui karyanya. Salut!

Oke balik lagi cerita pantai, dari pantai Tanjung Tinggi kita langsung ke Pulau Lengkuas tapi sebelumnya kita mampir ke pantai Tanjung Kelayang tapi cuma sebentar aja sih. Nah ini primadonanya Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas adalah pulang yang paling nyentrik dengan mercusuar yang menjulang tinggi peninggalan Belanda. Kita sih lansung tancep gas naek-naek ke batu-batu tinggi di sana. Meski panas kita semangat mengeksplor di laut lengkuas yang jernih dari atas batu-batu ini. Batunya tinggi dan super seru naik-naik ke atas meski pakai dress-dress imut-imut. So jadi terpaksa deh dressnya diiket dulu. Hahaha…

Pulau Lengkuas
Udah hampir gosong di atas batu baru deh kita ke mercusuar yang terdiri dari 17 tingkat. Uniknya sebelum masuk pengunjung harus cuci kaki lebih dulu, nyelupin kaki di bak yang berisi air. Lumayan deh juga naiknya tapi semakin ke atas kita bisa makin ngeliat pulau dari ketinggian lewat jendela-jendelanya.

Pas nyampe atas…wuzzz keren banget. Laut yang hijau toska berpadu pasir putih ditambah bebatuan unik dan perahu di sekitarnya. Sumpahhh! Kayak lukisan banget. Lagi begini eh batere kamera gue abis. Kita juga harus antre untuk dapet spot bagus foto-foto di sini. Untung ada yang masih punya kamera jadi tetep bisa eksis. Di atas juga ga boleh lama-lama karena banyak yang antre karena di atas ini orangnya gak boleh banyak-banyak.


Pulau Pasir

Setelah puas berpanas-panas ria di pulau Lengkuas yang begitu memesona kita berlayar ke pulau pasir. 
Pulau pasir ini cuam seupil alias kalau laut lagi pasang enggak keliatan tuh pulau. Di sini banyak bintang laut tapi kebanyakan udah mati karena dipaksa diambil dari laut dan gak dibalikin lagi. Lagi-lagi Cuma buat kepentingan foto. Ya sayang banget ya. Kalian boleh selfi-selfi tapi jangan ngerusak dan ngebahayain mahluk di sana yak. Sedih deh.


Gak jauh dari spot pulau pasir kita snorkeling, ikan-ikannya enggak terlalu banyak dan gak seindah di pantai Bira menurut gue. Wajar mungkin karena udah banyak orang yang ke sini.

Pulau Penyu

Dari  pulau pasir kita menuju ke pulau penyu, kita harus masuk dulu ke dalam hutan baru bisa ketemu penangkaran penyu. Tapi penyunya yang ada masih gede-gede gak ada penyu kecilnya. Lagi-lagi gue gak suka kelakuan wisatawan yang ngangkat-ngangkat penyu seenaknya buat foto . gergrgrgr …oh ya hampir di setiap pantai susah banget nemu toilet dan musola jadi kadang kesusahan deh mau pipis sama solat.  Pulangnya makan pop mie karena kelaperan, untuk harganya enggak berkali-kali lipat alias mahal dikit.

Dari pulau penyu kita ngebut ngejar sunset di Pantai Tanjung Tinggi. Eh udah lari-larian ngejar si matahari pengen foto epic eh ada aja yang mau ngikut foto. Udah tau mau foto sendiri. Kezeeel. Padahal sunsetnya cantik banget dan harus naik naik ke atas batu. Sumpah ya tuh orang langsung bikin bête, gara-gara dia badmood semaleman gue. Untung tuh orang langsung diberi pelajaran hapenya kecelup jadi enggak bisa selfi2 seenak jidatnya lagi. :p


Jadi ingat ya teman-teman kalau selfi jangan ngerusak, ngerusak mood orang, ngerusak alam, ngerusak habitat di sana!

Comments