Sejarah Perang 1 – Perang Troy


Perang Troy ini adalah perang yang paling terkenal di antara sejarah perang barat.  Saat itu istana Troy musnah oleh patung kuda kayu yang besar. Cerita perang Troy yang terjadi pada 850-800 tahun sebelum masehi pertama kali dicatat dalam Epos Illiad dan Odesey oleh Hommeros, di dalam Epos Illiad dan Odesey disebutkan ada beberapa dewa, seperti Hommerus (tahun 800 – 750 sebelum masehi); Dewa olimpus, Zeus; Dewa kecantikan Aphrodite; Dewa kebijaksanaan Athena dan lain-lain.  Saat arkeolog Jerman Schilemann melakukan ekskavasi di bukit Anatolia Hisarelic ditemukan peninggalan bangsa Yunani.

Patung Kuda

Troy yang sudah rusak yang ada pada zaman Yunani kuno sekitar 1200 sebelum masehi.
Dari Epos Illiad dikisahkan suatu hari, Dewi  Perang Elis yang tidak diundang pesta melemparkan apel emas untuk memancing perang besar. Dewi Hera, Athena dan Aphrodite yang menemukan apel itupun mengadakan kontes kecantikan. Siapa yang paling cantik dari tiga dewi tersebut akan mendapatkan apel emas. Mereka pun bertanya pada Parys. Parys menyebut Aprodhite sebagai dewi yang paling cantik.
Kemudian Aphrodite memilihkan wanita tercantik di bumi untuk Parys. Saat itu terpilihlah Helene yang merupakan istri dari Raja Menelaos dari Kerajaan Sparta. Takut dihukum, Parys melarikan diri ke Kerajaan Sparta. Raja Menelaos pun mengambil kesempatan ini untuk menyatukan kekuatan di Yunani dan pecahlah perang Troy dengan pengepungan selama 10 tahun. 

Ilustrasi Dewi Aphodite
Di lain pihak, panglima perang Yunani, yaitu Agememnon dan Akhilles hubungannya tidak baik. Saat itu Akhilles maju duluan dan memenangkan ppertarungan bahkan sanggup membunuh panglima perang Troy, Hector. Perangpun berakhir dalam sekejap ketika terbesit ide untuk meletakkan patung kuda di depan istana Troy, sementara mereka bersembunyi di dalamnya. 
Ilustrasi Akhiles

Tentara Troy takjub, lantas memindahkan patung luda itu ke dalam istananya. Malamnya tentara  Troy mendapatkan kejutan tak terduga. Di malam itu, para tentara Yunani yang telah bersembunyi di kuda kayu keluar dan mendekati istana mereka pun mampu membuka pagar istana. Akhirnya di Perang Troy Yunani keluar sebagai pemenangnya.

Namun beberapa sejarawan beranggapan perang ini terjadi karena alasan lain. Saat itu bangsa Troy banyak mengambil keuntungan dari orang Yunani yang banyak melakukan perdagangan luar negeri. Akhirnya Yunani yang saat itu terbagi ke dalam banyak kota bergabung untuk menjatuhkan Troy.


Sumber Komik 100 cerita perang

Comments