Menelisik Kearifan Lokal di tanah Celebes Bagian II

Pallawa 



Bisa dibilang eksplorasi Tana Toraja terbilang cepat banget, dari tempat upacara kita langsung menuju Pallawa yang di sana banyak rumah adat Tongkonan. Sebenarnya Tongkonan itu termasuk juga yang bagian kecilnya buat naruh padi-padi.

Trus di bagian depan Tongkonan dipasang tanduk kerbau, semakin banyak tanduk kerbau semakin tinggi juga status orang meninggal itu.

Lemo

Dari Pallawa, foto-foto sebentar langsung ke Lemo, perbukitan yang di kanan-kirinya ada makam, peti-peti isinya tengkorak2. Awal-awalnya sih berasa mistis tapi lama kelamaan biasa aja dibawa asik aja  tapi jangan lupa doa-doa juga dan ucapin salam, namanya kuburan orang.

Peti mati di sisi tebing

Boneka yang di dalamnya terdapat makam

Tulang Belulang di sisi tebing

ornamen di sekeliling tebing

Makam
Di sisi-sisi tebing banyak banget ornamen dan botol minuman dan bungkus makanan, entah buat sesajen atau turis nyampah. Cuma gara-gara ini tempat ini jadi kotor dan berasa aneh karena berdampingan dengan tulang belulang manusia kayak gak dihargain banget gak sih.

Di puncak ada satu gua yang gelap, awalnya kita enggak tahu di atas tebing itu ada apa, trus naek-naek aja dan melewati anak-anak tangga yang licin. Jangan pakai sepatu karet deh ke sini, pake sepatu gunung kalau perlu.

Pas sampai di puncak kita ditawarin mau masuk gak ke dalam goa. Guanya super gelap dan licin serta ada genangan air sekitar 10-20 cm. Ada pemandunya yang nganterin kita ke dalam tapi ga terlalu kasih info yang banyak di dalam sana.

Dan ternyata..... di dalamnya enggak ada apa-apa, cuma ada beberapa sampah yang menggunung di mana-mana, mereka bilang sih itu kubur orang-orang tapi gue enggak ngeh kuburnya ada di sebelah mana. hmmm... udah masuk ke dalam guanya licin dan sempet kepleset kemana-mana sampai-sampai keluar gua udah tanah semua, belok. Daripada tulang belulang gw lebih begidik ngeri sama boneka-bonekanya yang kesannya ngeliatin gue banget gitu hiiiiii....

Dari tempat ini kita nyari home stay, dan akhirnya nginep di home stay yang dipunyai sama kerabat sopir kita. Di sana masih kerasa banget kekeluargaannya, banyak anak-anak kecil lucu yang seneng banget jadi objek foto-foto kita.

Keceriaan anak-anak Toraja
Di sini kami tidur berdempet-dempetan dengan suhu yang lumayan dingin pagi-paginya. Di sebelah tongkonan yang kami tempati masih ada jenazah nenek mereka yang belum diupacarain.

Malamnya kami disajikan makanan yang super enggak biasa, yaitu papyong. Makanan khas Toraja berupa ayam atau biasanya babi yang dimasukkan ke dalam bambu besar sekaligus bumbunya trus dimasak ke dalam bara api. Sumpah enak banget. Rasanya mirip ayam bakar tapi lumayan beda.

Comments