Telisik Inggris, negara dengan matahari yang tidak pernah terbenam


Saat memperkenalkan Inggris, banyak sekali orang yang mengatakan negara itu sebagai negara yang matahari tidak pernah terbenam. Hal itu karena Inggris memiliki daerah jajahan di seluruh wilayah dunia. Inggris yang merupakan negara kepulauan memiliki angkatan laut yang sangat kuat sehingga mereka lebih awal pergi menjelajah ke luar negeri. 


Saat berlayar, ketika terdapat tanah yang baru mereka temukan atau sebuah negara lemah, mereka akan langsung mendarat dan menguasainya. Pemikiran untuk membangun negara besar dengan menggabungkan beberapa negara seperti ini disebut Imperialisme. Inggris saat itu sangat mabuk dengan kekuasaan imperialismenya. Pada masa Ratu Victoria, jika semua tanah daerah jajahan di seluruh dunia disatukan, maka hasilnya akan lebih dari 100 kali lipat dari tanah Inggris. 

 Jika kita melihat seluruh wilayah yang dikuasai Inggris , pasti selalu ada suatu tempat saat matahari sedang tidak muncul, kan?  Oleh karena itu, perkataan “Matahari di kerajaan Inggris tidak akan terbenam” pun muncul karena begitu banyaknya wilayah yang dikuasai Inggris. Sampai sekarang pun, masyarakat Inggris memiliki kebanggaan tersendiri tentang masa dimana negara itu memiliki kekuatan yang sangat besar. 


Inggris dilihat dari peta

 

Inggris adalah gabungan dari pulau Britania Raya dan pulau Irlandia. Panjang kepulauan Britania Raya dari utara ke selatan sepanjang ± 1000km. Di dalamnya terdapat Inggris, Skotlandia, Wales, dan juga terdapat Irlandia Utara di kepulauan Irlandia.

Skotlandia
 Skotlandia yang terletak di Britania Raya bagian utara terbentuk dari pegunungan-pegunungan yang curam. Di sebelah selatan terdapat Inggris, di timur terdapat Laut Utara, di barat terdapat Samudra Atlantik. Di barat daya diapit oleh Selat Utara dan langsung berhadapan dengan Irlandia Utara. Ibu kota Skotlandia adalah Edinburgh.

Irlandia Utara
Irlandia Utara adalah wilayah yang tersisa dari Irlandia yang tidak ikut merdeka bersama dari Inggris. Saat masih tergabung dengan Irlandia, Irlandia Utara disebut sebagai Ulster, tapi saat Irlandia merdeka di tahun 1920, wilayah itu disebut Irlandia Utara. Ibu kotanya adalah Belfast. Walaupun kecil, tapi merupakan kota yang memiliki sejarah yang panjang.

Inggris
Merupakan wilayah yang paling luas di Inggris. Luas wilayahnya sekitar 57% dari pulau Grate Britain. Ibu kotanya adalah London. Walaupun London adalah ibu kota dari keseluruhan Inggris, tapi juga terdapat kota-kota utama, seperti Manchester, Birmingham, Oxford, Cambridge, Liverpool, dan sebagainya. Di sebelah utara terdapat Skotlandia, sebelah barat terdapat Wales, sebelah selatan terdapat Selat Inggris, dan di sebelah timur terdapat Laut Utara.

 Wales
Wales adalah wilayah berbentuk semenanjung yang menonjol luas dari bagian tengah sampai ke barat. Di barat laut diapit oleh Laut Irlandia dan Selat Saint George dan langsung berhadapan dengan Irlandia. Sebelah selatan diapit oleh Selat Bristol dan langsung berhadapan dengan Irlandia. Ibu kotanya adalah Cardiff yang sejak dulu merupakan kota pelabuhan tempat perdagangan.

Inggris, negara yang kecil, tapi memiliki pengaruh paling besar di dunia

Inggris adalah negara yang terdiri dari Kepulauan Britania Raya yang terdapat Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara yang terdapat di Kepulauan Irlandia, serta beberapa pulau di sekitar dua kepulauan itu juga termasuk di dalamnya. Inggris hanyalah negara kepulauan kecil di Eropa, tapi merupakan negara yang memberikan pengaruh sangat besar di dunia selama 200 tahun yang lalu. Alasannya karena saat itu mereka memiliki kekuatan maritim yang sangat hebat dan melakukan penjajahan di negara-negara di dunia. Banyak negara-negara yang pernah dikuasai oleh Inggris, seperti Amerika, India, Australia, Selandia Baru, Kanada, Hongkong, Malaysia, dan lain-lain. Setelah Perang Dunia I dan II, kekuatan negara Inggris menjadi lemah dan beberapa negara memerdekakan dirinya, tapi mereka mendapat efek langsung dari masa kolonial tersebut dan terdapat beberapa negara yang masih mempertahankan hubungannya dengan Inggris sampai saat ini. Kita dapat mengetahui seberapa berpengaruhnya Inggris jika dilihat dari bahasanya, yaitu bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional dan paling banyak dipakai di seluruh dunia. 


Inggris adalah negara gabungan yang tersusun dari berbagai macam suku!
 
Ilustrasi suku Celtic

Inggris lebih sering disebut sebagai Inggris, tapi nama resmi sebenarnya adalah Britania Raya and Irlandia utara dan kalau disingkat menjadi UK. Inggris merupakan negara gabungan dari 4 negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales, tapi karena Inggris sebagai pusat dari bersatunya negara-negara tersebut sehingga Inggris lebih sering disebut Inggris. Akan tetapi, sebutan Inggris itu tidak disukai di wilayah Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales. Selain itu, Inggris yang merupakan negara gabungan, juga tersusun dari berbagai macam suku. Awalnya, suku di Inggris adalah suku Celtic yang datang dari daratan Eropa, tapi di antaranya juga terdapat suku Gael yang terdapat di wilayah Irlandia, suku Skotch dari Skotlandia, dan sekarang terdapat suku Britain di Inggris. Oleh karena itu, suku Germanic dari Eropa dan beberapa di antaranya seperti suku Anglo dan suku Saxon masuk dan berpindah ke wilayah Wales mengusir suku Britain Inggris, lalu menempati wilayah itu. Oleh karena masyarakat yang menempati wilayah masing-masing telah lama mewujudkan negara merdekanya, maka sampai sekarang pun karakteristik masing-masing wilayah masih terlihat jelas dan pengucapan bahasanya pun juga berbeda.

Pembuatan bendera negara dari gabungan tiga wilayah_bendera Inggris.
 
Union Jack

Bendera Inggris memiliki bentuk dari gabungan bendera 3 wilayah, tanpa memasukkan Wales ke dalamnya. Bendera Kerajaan Inggris (Britania) ini disebut Union Jack. Bendera Inggris disebut salib Saint George, bendera Skotlandia disebut salib putih Saint Andrew, dan Irlandia disebut salib merah Saint Patrick. Akan tetapi, bendera Wales dihilangkan karena bentuk naga merahnya yang sulit untuk digambar oleh orang-orang.


Sumber: Dooly si Dinosaurus Kecil; Eksplorasi Perjalanan Besar-Besaran; Inggris; Munculnya King Kil Dong sang legendaris di London!  . General Manager Kim Su Jeong; Ilustrator  Hi Toon.com; Supervisor Ha Tae Wook.
 

Comments