Tipe dan Gaya Belajar Berdasarkan Golongan Darah I


Tiap-tiap golongan darah mempunyai kecenderungan dan tipe belajar masing-masing. Jika kita belajar dengan mengikuti kecenderungan golongan darah kita maka belajar lebih efisen dan bisa meraih nilai maksimal.

Tips rahasia belajar sesuai dengan golongan darah adalah salah satu cara  memperoleh nilai maksimal melalui golongan darahmu! Yuk kita mulai cari tahu cara belajar rahasia  yang dicocokkan dengan kecenderungan di tiap golongan darah A, B, O dan AB?

Golongan Darah O


Secara singkat, O adalah orang yang terbuka. Dia juga tipe yang sering terburu-buru dalam mengejar tujuannya.

Meskipun begitu, O bukan orang yang ambius seperti, “Ayo kita tingkatkan nilai” atau “ayo kita rajin belajar” dalam mengejar tujuannya. Tujuan bagi O adalah yang sudah ada di depannya dan sudah pasti.

Dia lebih kepada ekspresi membangun tujuan yang lebih rinci seperti, “Kali ini ujian harus dapat nilai 90” atau “Ujian kali ini harus masuk tiga besar”. Ekspresi yang lainnya “Minggu ini harus membaca dua buku!” atau “Dalam 40 hari 100 soal matematika selesai!” . Dengan begitu tujuan atau pencapaian akan lebih terasa nyaman. Jika rencana yang kecil sudah selesai maka tujuannya akan lebih besar dan akan lebih memperluas lingkup belajarnya.

Sebelum tujuan tercapai biasanya mereka tidak akan menyerah. Namun saat mereka merasa lelah, golongan O biasanya mudah menyerah di tengah-tengah. Belajar baginya seperti lari maraton yang membutuhkan waktu. Dia juga tidak akan menyerah pada pelajaran yang sulit sekalipun dan akan berusaha sampai akhir demi tujuannya mencari penghargaan. Oleh karena itu, mereka lebih dulu belajar menyempurnakan pelajaran yang sulit. Kemudian baru mengerjakan pelajaran yang disukai dan jago maka pelajaran itu bukan lah apa-apa. 


Golongan darah A

Golongan darah A adalah orang yang sabar dan bertanggung jawab. Saat membuat rencana belajar, pertama kali mereka berpikir mengapa mereka belajar, jika mereka sudah tahu alasannya itu bagus untuk mereka. Jika ada alasan seperti , “untuk mendapakan hadiah di akhirnya” maka mereka bisa merencanakan belajar secara sistematis. 

Mungkin ada golongan darah A yang su;it menemukan alasan belajar? Coba saja katakan kepada  keluarga atau teman bisa juga guru seperti mengatakan, “Ujian kali ini aku akan mendapat 100!”, “Kali ini aku akan mendapat ranking satu,”, supaya golongan darah A tidak dibilang pembohong maka mereka akan belajar demi perkataan mereka itu kan?Bagi golongan darah A supaya bisa percaya diri yang terpenting adalah kalem, rapi dan sedikit-demi sedikit belajarnya.

Kelemahan orang golongan darah A selalu berpikiran negatif, seperti “Aku enggak bisa”, “Masih enggak bisa juga,”, pikiran negatif ini lah yang harus dihindari! Jika kekhawatiran ini trus menerus maka masalah tidak akan selesai. Oleh karena itu, jangan pernah coba mengingat sebelum ujian, Coba taklukan soal yang mudah dulu dan singkirkan perasaan itu.
 

Golongan darah AB

Kelemahan golongan darah AB jika nilai kurang dan lelah biasanya suka fatal. Jadi tidur lah yang cukup dan sisa waktunya gunakan dengan baik untuk belajar sesuai dengan keadaan tubuh.

Mereka akan belajar kalau suka pelajarannya kalau tidak suka, mereka sepertinya tidak mau belajar. AB yang amat suka dengan hal berbau logika, jadi  di pelajaran lain mereka akan lemah. Oleh karena itu, belajar lah pelajaran yang mudah dulu kalau bukan pelajaran yang mereka suka, karena mereka  akan menyerah. Jadi lebih baik belajar dengan sabar. Jika sudah bosan menghapal bisa juga dengan mencoba bermain kata dan belajar logika, setelah itu terapkan pada hapalanmu.

Perlu suasana yang cocok supaya bisa belajar dengan baik. Buatlah suasana belajar yang tidak mungkin itu menjadi mungkin. Caranya bisa dengan  menggunakan program komputer tertentu, atau  pindahkan dan taruh buku sekolah dan buku referensimu ke ruang keluarga. 


Golongan darah B


Golongan darah B, bisa berkonsentrasi jika muncul keingintahuan dan menyenangkan. Sumbu dari ujian itu adalah perasaan menyenangkan.

Namun dalam belajar kan, masalahnya banyak pelajaean yang dibenci dibandingkan dengan pelajaran yang kita suka.. Nah, makanya  pertama coba pisahkan dulu pelajaran yang menurutmu jago dengan yang tidak. Kalau di pelajaran itu mereka jago, maka bagi golongan daah B pelajaran itu menyenangkan.  Tidak perlu diiingatkan pada pelajaran ini mereka pasti belajar dengan rajin. Namun masalahnya ada di pelajaran yang mereka tidak menguasai, coba deh pikirkan caranya. Bisa kok membuat belajar menjadi lebih menyenangkan!



Sumber: Rahasia belajar sesuai golongan darah untuk meningkatkan nilai
Penulis Kim Hak Yeon | Komikus Eo Sul Il


 
 
 
 


 


Comments