Mengenal Lebih dalam Gajah Asia & Bunga Rafflesia


 Gajah Asia Bertelinga Kecil




Gajah Asia adalah gajah yang hidupnya di Asia termasuk India, Sumatera dan Kalimantan. Dibandingkan dengan gajah Afrika, gajah ini bobotnya lebih kecil karena  Panjangnya sekitar 5,5-6,4 m, lebar pundak sekitar 2,5-3m dan berat 3,5 ton. Warna tubuhnya bermacam-macam dari abu-abu hingga cokelat. Di bagian kulit dadanya terdapat bercak-bercak.

Gajah ini juga hidupnya berkelompok, satu kelompok terdiri dari lebih 20 ekor gajah dan mendiami hutan juga semak-semak. Saat panas mereka akan mengibas-ngibaskan telinga mereka sambil minum dan beristirahat. Pada saat malam dan pagi hari mereka makan makanan seperti rumput, daun, buah, kulit pohon dan lain-lain. masa kehamilan gajah ini berlangsung 18-22 bulan, anak gajah yang baru lahir lebar pundaknya sekitar 1m, dan beratnya 90kg.



Jenis-jenis gajah Asia dibagi menjadi 4 jenis yaitu gajah India (E.m.bengalenesis), gajah Srilanka (E.m.maximus), gajah Malaysia (E.m. hirsutus), gajah Sumatera (E.m. sumateramus). Di antara jenis gajah di atas gajah yang jumlahnya semakin sedikit adalah gajah Srilanka oleh karena itu pada tahun 1965 gajah tersebut dijadikan sebagai satwa yang dilindungi.

Rafflesia, Bunga Paling Besar di Dunia


Rafflesia adalah tanaman parasit yang hidup di daerah tropis seperti kepulauan Asia Tenggara, semenanjung Malysia dan lain-lain. dikenal sebagai bunga terbesar di dunia. Bunga terbesar yang pernah ditemukan di Malaysia berukuran 1m dengan berat 11kg.



Oleh karena bunga ini adalah tumbuhan parasit maka untuk mendapatkan makanan dan nutrisi, bunga ini bergantung dari tanaman yang ditempelinya. Sehingga bunga tidak seperti bunga lainnya karena tidak mempunyai daun, akar, batang, sel stomata dan lain-lain.

Organ vegetatif Rafflesia mirip seperti benang berserat-serat, benang ini yang meresap dan mengambil nutrisi dari batang tanaman yang ditempelinya.Setelah terbentuk kuncup bunga Rafflesia, kemudian di dalam kuncup bunga Rafflesia tersebut  akan membentuk lingkaran yang bentuknya sepertfi kubis. Kalau sudah begitu kuncup bunga Rafflesia terbuka dan bunga akan mekar. Untuk memunculkan bunga lain yang berasal dari benih kuncup diperlukan waktu 1-2 tahun. Proses agar bunga ini mekar memakan waktu hingga 1 bulan namun waktu mekarnya bunga hanya berlangsung 3-7 hari.


Sumber

Pengetahuan ekologi dalam komik petualangan
Penulis : comicom/gambar : nemo
Penerbit : comicom

Comments