Hubungan Jepang-Korea dalam Sebilah Pedang Bermata 7

Pedang bermata tujuh atau yang dalam bahasa Korea disebut dengan Chiljido dan dalam bahasa Jepang disebut Sichishito adalah pedang yang dibuat oleh generasi keempat Kerajaan Baekjae atau Raja Keunchogo pada tahun 369. Pedang yang terdiri dari 6 cabang mata pedang dan satu mata pedang utama ini, konon diberikan kepada Raja Wa di Jepang.Yang lain mengatakan pedang ini sebenarnya dibuat oleh kerjaan Jin, China kepada Kerajaan Baekjae karena ketaatannya membayar pajak, baru kemudian Raja Keunchogo menduplikat pedang ini dan memberikannya kepada Raja Wa. 

Pedang Chiljido


Kemudian banyak yang berpendapat pedang dengan panjang 75 cm tersebut mempunyai pesan khusus antara kerajaan Jepang dan Korea. Namun pesan tersebut banyak ditafsirkan berbagai pihak, seperti menyatakan ketundukan kerajaan Baekjae ataupun sebagai hadiah.
Pesan di Pedang Chiljido



Bukan hanya soal pesan yang terkesan misterius sampai memicu kontroversi, pedang besi ini juga keberadaannya dirahasiakan. Disebut-sebut pedang ini berada di Kuil Isonokami, Prefektur Nara, Jepang dan tidak ditunjukkan kepada publik. Oleh karena itu, pihak Korea ini tengah mengambil kembali aset sejarah mereka yang dianggap telah dimiliki Jepang.


Comments