Aneh! jadi bahasa resmi negara, tapi bahasanya malah dilarang dipakai

Masa kolonial meninggalkan jejak sejarah, termasuk di antaranya bahasa. Bahasa Inggris menjadi bahasa dunia dan lingua franca bagi masyarakat dunia.

Bahkan di  beberapa negara seperti Malaysia,Tanzania, Kiribati, bahasa Inggris menjadi bahasa resmi mereka, berdampingan dengan bahasa asli mereka.

Namun yang menarik bahasa Inggris bukanlah bahasa resmi di Inggris (England) bahkan di Amerika atau New Zealand. Mereka tidak menjadikan bahasa Inggris bahasa resmi mereka sekalipun mayoritas penduduknya berbahasa Inggris.

Di New Zealand misalnya, bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar di bidang pendidikan dan pemerintahan, Namum sebenarnya bahasa Maori adalah bahasa yang telah diakui sebagai bahasa resmi mereka dan telah ditetapkan pada 1987 lalu.

Kampanye dukungan untuk bahasa Maori

Aktivis bahasa Maori sudah lama mengampanyekan hak penggunaan bahasa Maori dalam konteks administratif dan resmi. Sampai-sampai kelompok radikal ini melancarkan aksi-aksi yang lebih keras guna mendapat pengakuan atas bahasa mereka.

Sampai-sampai dalam pengadilan para aktivis ini, ranah pengadilan masih menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantas sehingga pihak pengadilan pun sampai harus menghadirkan translator dalam mengadili para aktivis ini.

Hal ini menunjukkan bahwa  bahasa Maori berstatus yang bahasa resmi namun pada kenyataannya tidak diakui dan hanya merupakan bahasa simbolik,begitupun dengan orang-orang Maori di New Zeland.

Sementara di Wales yang merupakan bagian dari Britania Raya menetapkan bahasa Welsh sebagai bahasa resmi mereka dan merupakan bahasa pengantar di lingkungan administratif dan pemerintahan. Anehnya bahasa ini tidak diakui oleh Persekutuan Britania.
Plang lalin berbahasa Welsh


Tentu saja hal ini memicu protes warga Wales. Mereka mencorat-coret plang jalan berbahasa Inggris sebagai tanda menolak dominasi bahasa Inggris.

Banyak kelompok minoritas lainnya yang terus berjuang untuk meningkatkan status bahasa resmi mereka namun pada kenyataannya hal tersebut sulit di dapat karena kondisi berbahasa yang terlanjur merebak dan menjadi bagian dari negara tersebut meskipun bahasa Ingggris bukan merupakan bahasa resmi mereka.


Sumber: An Introduction to Sociolinguistics

Janet Holmes  







Comments