Apa Arti H, HB, B pada Pensil



Pensil sudah dipakai sejak 2000 tahun sebelum masehi pada zaman Yunani kuno. Saat itu digunakan sebagai penanda yang terbuat dari lilin dan dibungkus dengan kulit binatang. Pada abad ke 14, di Italia pensil dibuat dari campuran lilin dan timah yang dimasukan ke dalam kayu.

 Pada tahun 1964 sejak diketemukannya grafit di Inggris , grafit yang panjang dimasukan ke dalam kayu hingga digunakan menjadi pensil. Kemudian pada tahun 1795 seorang berkebangsaan Prancis, Conte berhasil menemukan pensil sama seperti sekarang yang kita gunakan ini. 

Pensil-pensil seperti 4H, 2H, dan lain-lain adalah pensil yang kuat  dan tidak mudah patah. H berarti kuat yang berasal dari bahasa Inggris (hard). Pensil seperti itu kuat dan tahan lama. 

Sementara pensil HB adalah pensil yang kuat dan jelas karena HB itu berasal dari H yang berarti Hard dan B yang berarti Black 


Kemudian pensil gambar biasanya pensil yang tertulis B yang berarti Black. Ada beberapa pensil gambar yaitu 2B, 3B, 4B dan lain-lain. Pensil ini mempunyai karakter sangat lebut dan jelas sehingga mudah menulis cepat. Cocok kan untuk menggambar!

Sumber: Sangat sangat penasaran 2 -pengetahuan sehari-hari







Penulis Naite

 

Comments