Ke Bali Aku akan Kembali Part 4

Sudah memasuki hari ke-4 di Bali, lagi-lagi tetap mengincar pantai yang gak terlalu ramai di Bali. Starts kita tetap pagi tapi karna harus mengantar beberapa personel yang balik ke Padang jadi kita mulai perjalanan ke pantai Pandawa jam 12.00 WIT.

1.       Pantai Pandawa

Pantai Pandawa adalah pantai yang tebingnya dibuat sedemikian rupa untuk dipasangi patung-patung umat Hindu. Menurut gw sih rada sayang aja tebing dikikis gitu dan memang ke sana belum rapi. Pantai di sini lumayan sepi karena kita ga pergi saat weekend. Awalnya foto-foto cantik eh lama-lama nih baju basah. Jadilah tinggal manset dan leging aja haha. Di sana juga banyak orang Bali ngajak anjingnya jadi hati-hati aja klo tuh anjing lepas dari pengawasan tuannya bisa kita yang jadi dikejar. Maklum  gue takut sama anjing hahaha....

Pantai Pandawa

Ombak di sini juga besar jadi bisa main arus sambil berendem. Sayang gak ada sarana bilas yang memadai. Cuma aja sekotak WC yang bau dan ga layak. Sedih. Di sini temen gw kena dikedipin sama bule dan akhirnya kenalan hehe... Ya, Bali selalu tentang bule.  Baju basah semua gak bawa ganti akhirnya itu baju luaran dijemur di mobil pulang basah2an sampai mampir di  toko-toko beli oleh-oleh lagi. Pulang beli tolak angin aja trus bobo karena seharian basah gak ganti. Huft.

Hari kelima di Bali kita udah siap2 packing karena sorenya harus pulang lewat darat dan ini perjalanan serunya. Pagi-pagi udah mulai ujan-ujan kita mutusin gak mau jauh2 dari Denpasar karena harus balik pake bus dari Denpasar ke Gili Manuk. Jadilah kita ke...

1.       Museum Bali Denpasar

Bli Emon merekomendasikan museum Bali selepas kami beli oleh-oleh di Erlangga. Oh ya gw sih lebih suka beli oleh-oleh di Erlanga daripada di Krisna barangnya lebih beragam dan unik selain itu juga beberapa dilabeli halal kayaknya mereka concern soal ini. Jadi kerasa lebih nyaman di Erlangga dan harganya juga sama dengan Krisna. Balik lagi kenapa si Bli rekomendasi musem ini karena banyak arsitektur yang pas banget buat foto-foto. Mulai dari pintu masuk sampai nanti kita naik ke puncaknya untuk melihat view kota Denpasar.
Museum Bali

Sebenarnya di museum ini taman dan arsitekturnya bagus tapi isinya diorama dan foto2 sejarah Bali doang. Jadi wajar klo sepi karena kurang menarik dan interaktif padahal koleksi fotonya lumayan lah. Di sini juga banyak dijadikan tempat foto prewed jadi dimana di pojokan ada aja calon pengantin yang lagi foto.

Diiringi hujan rintik-rintik kita coba kuliner yang beda, selain ayam betutu (gw makan ayam betutu beberapa kali sampai mabok). Gw paling suka ayam betutu di depan danau batur penjualnya orang Islam dan bumbunya terasa benar. Kali ini kita cobain rujak bali rujak cuka sama minumannya yang  gw lupa namanya apa. Banyak sih rujak yang jenisnya aneh-aneh. Waktu di Aceh gw nemu rujak yang irisan kacangnya besar dan rada asam ternyata pakai jeruk nipis. Klo ini makin asem karena pake cuka, ga berani banyak-banyak takut di jalan mencret.

Rujak Bali

2.       Bus Gili manuk

Menjelang sore, kita beli perbekalan makan untuk siap-siap di bus dan kapal. Kira-kira kita naek bus itu siang sekitar jam 3, kapal berangkat jam 8 sore. Tapi lama banget ngetemnya booook! Akhirnya kita enggak menikmati view-nya karena keburu malem. Tapi ya super banget tuh sopir karena jalur ke Gili Manuk itu jalannya kecil, banyak truk pinggirnya tebing. Aduh mak, banyak istigfar deh. Beberapa tempat juga amat terasa deburan ombak karena sebelahan sama pantai. Angin makin semriwing, badan dihempas kanan ke kiri bus pun makin penuh karena bus yang lewat sini terbilang jarang. Di tengah jalan, bus merapat di pinggir pura dengan sigap sopir dan kernet turun meminta doa dari tokoh agama mereka alu diperciki air dan ditempelkan beras di dahinya. oalah gak hilang sifat relijius mereka meminta selamat.

Di mobil pun ada sesajen
Dengan bawaan overload dan sudah setengah ngantuk, akhirnya kita sampai. Masih setengah sadar kita bingung mau kemana, akhirnya harus jalan sekitar 300 m. Sesampainya di pelabuhan Gili Manuk, tenryata kapal udah mau berangkat dong. Dengan tenaga tersisa kita gotong2 muatan kita lari-lari ngejar kapal yang lumayan murah harga tiketnya gak sampai 20 ribu dengan perjalanan sekitar kurang dari satu jam. Di kapal langsung pules kecapeaan. Belum juga lama tidur, kapal sudah merapat di Ketapang. Yeeeey sampai. Waktu sudah menunjukan pukul 9 malam dan banyak bus lalu lalang ada yang ke Surabaya dan daerah Jawa Timur lainnya. Kita sudah memegang tiket ke Malang besok subuh.

3.       Ketapang

Nyari-nyari penginapan ternyata banyak musafir yang tidur di masjid. Sebenarnya gw ga setuju gw tidur di masjid karna gw butuh colokan karena semua barang elektronik gw mati. Ya tak apalah mungkin beberapa teman sudah kehabisan ongkos. Tidur di masjid lumayan deg-degan haha. sepanjang malam kita kekepin itu tas hahaha...

Pagi-pagi tanpa mandi meluncurlah ke stasiun Banyuwangi, eh di sana ternyata gw salah beli tiket karena semua atas nama gue. Maklum baru pertama naek kereta antar Jawa gini akhirnya gw kebagian bayarin dua temen gw, karena harus tanggung jawab kan. Sempet dag dig dug karena kereta menjelang berangkat dan si petugas ogah dirayu-rayu. Heeeempf.

Bersama Bli Emon

Meski secara harfiah kita bertiga nyatanya gue pisah gerbong sendiri. Perjalanan dari Banyuwangi ke Malang yang ditempuh selama 2 jam gw ga bisa tidur. Padahal badan udah lelah, di samping kanan kiri beberapa ibu2 ngobrol eh malah keikutan. Sesungguhnya di kereta ekonomi ini kita bisa melihat jelas realita sosial. Ya tepat di depan gw seorang ibu asli Malang pernah beremigrasi ke Papua suaminya berladang dan dia jadi PRT meninggalkan seluruh anak-anaknya. Sungguh suvivor sejati, setelah itu di balik di Papua dia balik ke Malang. Di Malang dia bingung kerja apa kalau enggak salah hanya buka warung kelontong saja. Tahu enggak meski disebut sebagai ibu desa tapi sungguh ibu ini tahu perkembangan tanah air dan teknologi sampai rajin buka google wooow banget kan.

4.       Malang

Sampai di Malang sudah siang dan kita harus tunggu kereta Malang-Jakarta malamnya. Luntang lantung di pinggiran satsiun Malang. Gw pun harus segera mengganti tiket yang salah beli lagi. Di malam sempat beli oleh-oleh keripik bekicot yang ternyata rasanya lezat. Malam di Malang gw harus pisah gerbong lagi, gw sendiri duduk di bangku untuk tiga orang. Malam di Malang dingin begitu menggigit tak terasa gw berbaring di bangku sembari meringkuk sendirian mirip orang habis OD. Hahaha

Di pertengahan jalan saat matahari mulai muncul lagi gw baru sadar ternyata gw salah kursi dong. Ternyata kursi gw sesungguhnya masih di gerbong depan lagi. Malas pindah akhirnya gw luntang lantung di gerbong makan. Sambil sesembari menengok teman di gerbong belakang. Sebenarnya sepanjang perjalanan sudah banyak orang bertanya orang sekecil gw berani jalan sendirian dengan segembol tentengan. Yah.... harus hati-hati juga karena takut ada aja orang jahat. Tapi Alhamdulilah, akhirnya masinis meniup pluitnya di stasiun Jatinegara. Gw pun turun, dengan lelah yang tak tertahankan. Gw pun harus naek transjakarta lagi menuju rumah dengan tas yang sudah robek dimana-mana dan isinya mau keluar. Sampai di rumah dua hari tidak mandi, langsung mandi langsung tepar selama 12 jam hahaha... Yah begini lah traveling dengan darat capeknya super tapi dijamin pengalamannya tak kalah kaya dan menarik. So coba ya guys.